Kemajuan sebuah disiplin ilmu atau profesi banyak ditentukan oleh kekuatan asosiasi atau himpunan praktisi disiplin ilmu atau profesi tersebut. Asosiasi keilmuan memberikan wadah bagi anggota-anggotanya untuk bertemu, baik secara fisik maupun pertemuan pemikiran keilmuan. Karena itu pertemuan besar yang diselenggarakan secara teratur setiap tahun, misalnya dalam bentuk konferensi, selalu menjadi agenda penting bagi asosiasi dan anggota-anggotanya. Dalam konferensi tersebut anggota himpunan memiliki kesempatan untuk menyampaikan minat dan aktivitas keilmuan yang dilakukannya, pada saat yang sama mengikuti perkembangan minat dan aktivitas kolega sesama anggota asosiai. Pertemuan-pertemuan seperti itu meneguhkan asosiasi keilmuan sebagai identitas profesional bagi anggota-anggotanya.

Himpunan keilmuan bagi peminat disiplin psikologi ekonomi adalah IAREP, yakni International Association of Research in Economic Psychology. Asosiasi ini didirikan pada tahun 1982 di Tilburg, Belanda. Anggota-anggota IAREP berasal dari berbagai penjuru dunia, dan memiliki latar belakang keilmuan yang cukup beragam. Tentu saja sebagian besar anggota asosiasi ini adalah akademisi di bidang psikologi atau ekonomika. Namun IAREP memberi kesempatan yang sama bagi para praktisi dari kedua disiplin keilmuan itu, juga dari bidang-bidang ilmu yang lain.

Aktivitas utama IAREP, sebagaimana dikutip dari laman mereka, adalah sebagai berkut:

·        Kolokium Tahunan: Biasanya diselenggarakan di salah satu negera di Eropa. Pertemuan tahunan ini menyediakan kesempatan untuk membangun kontak-kontak pribadi, sebagaimana juga presentasi-presentasi formal bagi anggota. Dapat dikatakan bahwa Kolokium Tahunan IAREP merupakan wahana temu paling penting untuk diikuti bagi siapa pun yang berminat pada kajian interdisipliner antara psikologi dan ekonomika.

·        Journal of Economic Psychology: IAREP merupakan pendiri jurnal ini, menunjuk Editor, dan menjadi pendukung utama aktivitas para Editor dan penerbit jurnal ini. Anggota-anggota IAREP berhak atas khusus sebagai pelanggan pribadi jurnal ini.

·        Menerbitkan Newsletter secara teratur, untuk memberikan informasi kepada semua anggota tentang aktivitas-aktivitas di bidang psikologi ekonomi dan bidang-bidang kajian lain yang terkait.

·        Pendukung utama Summer School in Economic Psychology.

·        Pendukung utama berbagai lokakarya tentang topik-topik khusus di bidang psikologi ekonomi.

Lebih jauh tentang asosiasi ini dapat di temuka di laman IAREP.